Cara Mengembalikan/Reset Google Chrome ke Pengaturan Default. Google Chrome adalah salah satu browser yang paling sering digunakan oleh pengguna untuk mengakses internet. Google Chrome sendiri memiliki banyak ke unggulan lebih dibanding browser lain yang membuat jutaan pengguna menyuaikan. Namun terkadang mengalami sebuah masalah yang diakibatkan pengguna yang tidak memahami tentang cara penggunaan yang aman dan benar untuk Google Chrome, seperti meng-insatall plugin atau pun merubah setting Google Chrome yang membuatnya menjadi lambat. Oleh sebab itu saya akan menjelaskan bagaimana caranya untuk mengembalikan Google Chrome ke pengaturan default seperti baru (Reset Google Chrome).

Ada banyak hal yang mungkin membuat Google Chrome ingin di kembalikan ke pengaturan default bukan hanya saat mengalami masalah lambat namun juga kadang ingin menghapus plungin atau pun tema dari Google Chrome sendiri. Jika Ekstensi atau tema Google Chrome terlalu banyak akan memerlukan banyak waktu untuk menghapusnya dan kita tidak tau apakah fungsi Ekstensi tersebut akan berpengaruh pada Google Chrome atau tidak jika kita hapus.

Faktor lain ketika ingin mengembalikan Google Chrome ke pengaturan default adalah ketika Google Chrome terkena Malware yang membuat kinerja Google Chrome tidak beraturan, terkadang membuka halaman sendiri tanpa sepengetahuan kita. Google Chrome ketika terkena Malware akan sangat berbahaya bagi privasi Anda karena akan mencuri data-data Anda saat Anda saat menggunakan Google Chrome untuk mengakses internet, bahkan mungkin akan mencuri data penting Anda ketika menginputkannya. Mengembalikan Google Chrome ke pengaturan default sangatlah penting jika Anda mengalami masalah tersebut namun sebelumnya komputer Anda harus bersih dari Malware, gunakan Antivirus/Antimalware untuk menghapusnya setelah itu kembalikan Google Chrome ke pengaturan default.

Beberapa hal yang perlu Anda tau ketika Anda akan mengembalika Google Chrome ke pengaturan default akan mempengaruhi beberapa pengaturan yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mesin telusur default dan mesin telusur tersimpan akan disetel ulang dan akan kembali kepenaturan default.
  • Tombol Beranda akan disembunyikan dan Bookmarks URL yang Anda set sebelumnya akan dihapus.
  • Tab pembuka default akan dihapus. Browser akan menampilkan tab baru saat Anda memulai atau melanjutkan dari mana Anda tinggalkan jika berada di Chromebook.
  • Halaman Tab Baru akan kosong kecuali Anda memiliki versi Chrome dengan ekstensi yang mengontrolnya. Dalam hal ini halaman Anda mungkin akan tetap ada.
  • Tab yang disematkan akan dilepas pinnya.
  • Setelan konten akan dihapus dan disetel ulang ke default pemasangannya.
  • Cookie dan riwayat data situs akan dihapus.
  • Ekstensi dan tema akan dihapus.

Setelah Anda memahami beberapa perubahan yang akan terjadi pada Google Chrome setelah mengembalikan ke pengaturan default. Saya akan melanjukan untuk cara mengembalikan Google Chrome ke pengaturan default.

Cara mengembalikan Google Chrome ke pengaturan default (Reset Google Chrome):

  1. Klik tombol menu utama Google Chrome, yang ditunjukkan oleh tiga garis horizontal pada pojok kanan. Saat menu drop-down muncul, pilih pilahan Settings.
    Settings Google Chrome
  2. Setelah itu akan terbuka tab baru yaitu Settings Google Chrome, klik Main menu pada tab settings pojok kiri atas setelah itu pilih Advanced maka akan muncul lagi menu drop-down.
    Advance Google Chrome
  3. Selanjutnya akan terlihat menu Reset pada bagian bawah dan pilih, maka akan muncul halaman Reset.
    Reset Google ChromeHalaman Reset Google Chrome
  4. Pada halaman Reset klik tombol Reset dan akan muncul peringatan dan pilih tombol Reset.
    Peringatan Reset Google Chrome
  5. Tunggu hingga proses selesai.

Setelah semua proses selesai maka Google Chrome Anda akan kembali ke pengaturan default, seperti saat anda baru saja meng-install.

Demikian tutorial dari saya tentang Cara Mengembalikan Google Chrome ke Pengaturan Default (Reset Google Chrome) semoga membatu mengatasi masalah Anda tentang Google Chrome. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply