Membuat Mini PC murah dari STB B860H dan HG680P

Membuat Mini PC murah dari STB B860H dan HG680P

Diposting pada

Membuat Mini PC murah dari STB B860H dan HG680P. Setelah kemarin berhasil menginstall OpenWRT pada STB B860H dan HG680P kali kita akan membuatnya menjadi mini PC Desktop. Untuk merubah STB B860H dan HG680P menjadi mini PC Desktop caranya sama seperti saat kita merubahnya menjadi OpenWRT.

Merubah STB B860H dan HG680P menjadi PC Desktop kita membutuhkan SD Card dengan kapasitas kurang lebih 8GB lebih besar lebih baik.

Sistem Operasi yang akan kita pakai adalah Linux Armbian Ubuntu Bionic. Linux Armbian Ubuntu Bionic ini berbeda dengan Ubuntu biasa, yang membedakan adalah Sistem Operasi ini bekerja pada Processor Arm. Sistem Operasi ini sangat cocok sekali dengan STB B860H dan HG680P karena menggunakan Processor Arm.

Instalasi armbian linux STB B860H dan HG680P ini bisa dilakukan pada SD Card menjadi dual boot dengan Android TV Box atau di install permanen pada eMMC. Langsung saja cara membuat mini PC murah dari STB B860H dan HG680P simak tutorial berikut.

Membuat Mini PC murah dari STB B860H dan HG680P :

  1. Download Linux Armbian pada link berikut.
  2. Install ke SD Card menggunakan Rufus atau Baleena Etcher, jangan lupa extrak file Linux Armbian sampai mendapatkan file .img untuk di install.
  3. Setelah selesai cek SD Card dan cari file meson_gxl_p212.dtb pada folder dtb, jika tidak ada cari file lain yang ada p212.
  4. Jika sudah menemukan file dtb selanjutnya kiata edit uEnv.ini dan ganti baris dtb dengan teks berikut.

    dtb_name=/dtb/meson-gxl-s905x-p212.dtb

  5. Edit juga file boot.ini dan rubah menjadi seperti berikut.

    setenv dtb_name “/dtb/meson-gxl-s905x-p212.dtb”

  6. Edit juga file extlinux.conf di dalam folder extlinux menjadi seperti berikut.

    FDT /dtb/meson-gxl-s905x-p212.dtb

  7. Setelah selesai cabut SD Card dari komputer dan masukan pada STB.
  8. Nyalakan STB, jika belum pernah menginstall OpenWRT atau sistem lain kita perlu ketikan perintah pada Terminal Emulator.

    reboot update

  9. Setelah masuk pada Sistem Operasi Linux Armbian jangan lupa gunakan keyboard dan mouse untuk menjalakan Linux Armbian, dan jika perlu kita bisa menambahkan USB Hub pada STb untuk menambahkan Port USB.
  10. Setelah masuk pada Sistem Operasi Linux Armbian akan diminta User dan Password, masukan User dan Password berikut.

    username : root
    password : 1234

  11. Selesai Mini PC murah dari STB B860H dan HG680P sudah bisa digunakan dan jika ingin install permanen pada eMMC ketikan perintah berikut pada Terminal Linux.

    ./install.sh

Mini PC murah dari STB B860H dan HG680P telah siap, dengan modal murah kurang lebih 250rb Mini PC ini jadi. Kita bisa gunakan untuk browsing, mengetik teks dll.

armbian linux stb

Demikian artikel kali ini tentang Membuat Mini PC murah dari STB B860H dan HG680P, semoga bermanfaat dan jika ada yang kurang jelas bisa bisa tinggalkan kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.