Wordpress EasyEngine

Cara mudah Install WordPress tanpa Web Panel di Ubuntu/Debian. Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mudah menginstall WordPress tanpa menggunakan Web Panel dan hanya memerlukan satu baris perintah pada terminal console pada server. Sebelumya saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstal WordPress dengan mudah tanpa perlu upload file dan membuat database secara manual. Caranya adalah kita akan menggunakan EasyEngine, EasyEngine adalah sebuah script autoinstaller populer untuk stack LEMP (Linux, Nginx, MySQL, PHP) dengan Postfix yang sudah mendukung untuk HHVM dan PageSpeed Module didalamnya yang bisa anda aktifkan dengan mudah. EasyEngine memiliki kelebihan untuk pengguna WordPress, ada beberapa fitur khusus untuk CMS satu yang mempermudah manajemennya.

Sebelum melakukan install WordPress dengan menggunakan EasyEngine yang perlu anda butuhkan adalah sebuah VPS yang memiliki RAM setidaknya 512MB dan sudah terinstall sistem operasi Linux Ubuntu 12.04/14.04 atau Debian 7/8. Cara mudah menginstall WordPress dengan EasyEngine adalah sebagai berikut.

Install WordPress di Ubuntu/Debian EasyEngine Console

Langkah-langkah Install EasyEngine:

  1. Login ke VPS Anda dengan menggunakan terminal console.
  2. Masukan perintah berikut dibawah ini
    wget -qO ee rt.cx/ee && bash ee
    bila perintah tersebut tidak bisa berfungsi gunakan perintah dibawah ini pada terminal console
    wget –no-check-certificate -qO ee rt.cx/ee && bash ee
  3. Setelah itu tunggu sampai selesai, pada saat ditengah-tengah proses Anda akan diminta untuk memasukan nama dan alamat email Anda untuk keperluan notifikasi apabila ada berita atau update terbaru yang tersedia, hal ini bisa diabaikan bila dirasa tidak perlu.
  4. Tunggu hingga proses selesai.

Cara install WordPress:

Preoses yang selanjutnya adalah menambahkan WordPress, langkah ini bisa anda lakukan untuk meng-install WordPress sebanyak mungkin selama server anda mampu menampungnya. Caranya adalah dengan memasukan kode dibawah ini sesuai keperluan WordPress yang anda inginkan:

ee site create example.com –wp # install wordpress tanpa page caching
ee site create example.com –w3tc
# install wordpress dengan w3-total-cache plugin
ee site create example.com –wpsc
# install wordpress dengan whisp-super-cache plugin
ee site create example.com –wpfc
# install wordpress + nginx fastcgi_cache
ee site create example.com –wpredis
# install wordpress + nginx redis_cache
ee site create example.com –wp –hhvm # install wordpress + HHVM pengganti PHP
ee site create example.com –wp –pagespeed # install wordpress + PageSpeed
ee site create example.com –wp –php7 # install wordpress dengan PHP7

Selanjutnya anda tinggal menunggu proses hingga selesesai sampai muncul log yang memberikan user dan password WordPress Anda. Setelah itu jangan lupa arahkan Domain ke alamat IP Server Anda.

Mengganti Password WordPress EasyEngine:

Saat meng-install Wordpess menggunakan EasyEngine akan diberikan sebuah password acak yang susah diingat untuk login pada WordPress, namun anda dapat menggantinya dengan password yang mudah Anda ingat atau pun ketika Anda lupa dengan password WordPress Anda dapat anda ganti dengan perinta dibawah ini:

ee site update example.com –password

Selanjutnya anda akan diminta untuk mengkonfirmasi apakah benar WordPress dengan domain tersebut akan diganti. Setelah itu masukan password baru.

Cara Menghapus WordPress pada EasyEngine:

Untuk menghapus WordPress yang ter-install pada EasyEngine Anda dapat menggunakan perintah dibawah ini:

ee site delete example.com

Perintah tersebut akan menghapus WordPress dengan domain yang Anda pilih dari Server.

Selain itu ada beberapa perintah yang dapat Anda gunakan untuk membuat Website dan Database diluar perintah meng-install WordPress dengan EasyEngine yaitu:

ee site create example.com # membuat Wbsite (bukan WordPress)
ee site create example.com –mysql # membuat Database manual

Demikian artikel ini saya buat agar memudahkan untuk meng-install WordPress tanpa menggunakan Web Panel dengan menggunakan terminal console untuk mengurangi penggunaan Server yang berlebihan saat mengggunakan Web Panel.

Leave a Reply