Cara Menyembunyikan dan Menampilkan File/Folder dengan CMD

Cara Menyembunyikan dan Menampilkan File/Folder dengan CMD. Memiliki dokumen rahasia yang tidak ingin diketahui orang lain, atau memiliki file penting yang bersifat sangat rahasia dan merasa kurang cukup dengan memberi password. Disini saya akan memberikan solusinya yaitu dengan menyembunyikan file tersebut agar tidak diketahui orang lain. Anda dapat menyembunyikan sebuah file ataupun folder dari orang lain agar file atau folder tersebut tidak diketahui orang lain. Selain dapat menyembunyikan file atau folder Anda juga dapat menampilkannya dengan sangat mudah.

Menyembunyikan dan menampilkan (hide/unhide) sebuah file atau folder ini akan saya jelaskan, caranya menggunakan CMD Command Prompt. Cara ini juga dapat digunakan untuk hal lain yaitu cara membersihkan virus shortcut yang mana virus tersebut akan menyembunyikan file atau folder (hide), cara yang akan saya jelaskan dapat mengembalikan file/folder yang disembunyikan oleh virus dan dapat menghilangkan virus shortcut tersebut.

Cara akan saya jelaskan menggunkan perintah CMD Command Prompt perintah dasar yang mudah dipelajari. CMD Command Prompt sudah disediakan pada semua Windows karena CMD Command Prompt sendiri adalah salah satu bagian utama dari Windows, jadi Anda tidak perlu meng-install program apapun untuk menyembunyikan dan menampilkan file/folder tersebut. Langkah-langkah untuk menyembunyikan dan menampilkan (hide/unhide) adalah sebagai berikut.

Cara Menyembunyikan dan Menampilkan File/Folder dengan CMD Command Prompt:

  1. Buka CMD Command Prompt, banyak cara untuk membukanya cara tercepat adalah dengan klik Start ketikan CMD maka akan muncul dipencarian dan klik.
    Start CMD

  2. Setelah itu akan terbuka CMD Command Prompt dan pindahkan ke drive atau folder file tersimpan, semisal file yang akan kita sembunyikan ada pada drive F: dan pada folder contoh (F:\Contoh) maka ketikan pada CMD Command Prompt F: lalu tekan enter untuk pindah ke drive F:, ketikan lagi cd contoh lalu tekan enter lagi untuk masuk ke folder contoh.
    CMD Folder
  3. Ketikan perintah attrib +r +s +h <nama file.ekstensi/nama folder> untuk menyembunyikan file/folder tersebut.
    CMD Hide
  4. File/Folder tersebut sudah tersembunyikan dan untuk mengembalikannya Anda hanya perlu merubah tanda + dengan tanda atau mengetikan perintah attrib –r –s –h /S /D pada CMD Command Prompt.
    CMD Unhide

Keterangan:
+ fungsinya untuk menambah atribut
– fungsinya untuk menghilangkan atribut
R fungsinya untuk atribut Read Only
A fungsinya untuk atribut archive
S fungsinya untuk atribut system
H fungsinya untuk atribut hidden
/S fungsinya untuk menyertakan file yang ada dalam sub folder
/D fungsinya untuk menyertakan semua file dalam folder

Sangat mudah kan untuk menyembunyikan atau menampilkan file/folder, Anda juga dapat mempergunakan cara diatas untuk menampilkan file dan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut. Jangan lupa scan dulu dengan antivirus untuk menghilangkan virus shortcut atau Anda dapat menghapuskannya secara manual, lalu menggunakan cara diatas untuk menampilkan file/folder yang disembunyikan. Demikian tutorial dari saya mengenai tentang Cara Menyembunyikan dan Menampilkan File/Folder dengan CMD. Semoga tutorial ini bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply