Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang (Mengganti IMEI)

0
Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang (Mengganti IMEI)

Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang (Mengganti IMEI). Tau kah kalian kalau setiap Handpone memiliki nomor identitas unik yang terdiri dari 15 sampai 16 digit, nomer identitas tersebut adalah IMEI yang merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI merupakan identitas yang ada pada setiap Handpone dari dahulu sebelum adanya Smartphone seperti Android dan iPhone. IMEI sendiri bisa dijadikan sebagai alat untuk cek keaslian HP setiap Handpone dan juga digunakan oleh operator untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar pada jaringan mereka.

Pada Smartphone seperti Android nomor IMEI terkadang sering hilang ketika melakukan Flash atau Installasi Android menggunakan StockROM atau CustoROM. Masalah tersebut akan menjadi sesuatu yang sangat merepotkan karena operator tidak dapat mengidentifikasi perangkat tersebut dikarenakan tidak adanya IMEI dan membuat Smartphone Android tidak dapat menerima jaringan selular dari operator.

IMEI pada setiap HP dapat di cek menggunakan perintah *#06# termasuk untuk cek IMEI Smartphone Android. Ketika Smartphone Android kita tidak memiliki IMEI atau hilang Anda dapat memasukan IMEI tersebut, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan IMEI yang hilang. Cara untuk mengembalikan IMEI tersebut akan saya jelaskan sebagai berikut.

Cara Mengembalikan IMEI Android dengan Menu Enginering Mode:

Cara Mengembalikan IMEI Android dengan Menu Enginering ModeCara pertama menggunakan menu Enginering Mode, Enginering Mode adalah menu tersembunyi pada Android, menu ini berisi pengaturan rahasia tentang jaringan, audio, CPU, dan lain-lain. Cara pertama ini terkadang tidak berfungsi pada sebagian Android yang menggunakan CustoROM.

  1. Masuk menu Enginering Mode untuk membukanya Anda harus memasukan kode *#7465625# atau *#*#3646633#*#* pada DIal pad sesuai dengan tipe Smartphone Android yang Anda gunakan.
  2. Setelah menu terbuka pilih Connectivity kemudian pilih CDS information setelah itu pilih Radio Information.
  3. Jika Anda menggunakan Smartphone dengan dual SIM akan ada dua pilihan menu SIM 1 dan SIM 2, untuk memasukan IMEI pada SIM 1 dan SIM 2 ketikan kode berikut pada Radio Information
    SIM 1 = AT+EGMR=1,7,”IMEI SIM 1”
    SIM 2 = AT+EGMR=1,10,”IMEI SIM “
  4. Selanjutnya Restart Android.

Cara Mengembalikan IMEI Android dengan Terminal Emulator:

Cara Mengembalikan IMEI Android dengan Terminal EmulatorCara kedua adalah menggunakan sebuah aplikasi Android Terminal Emulator, untuk menggunakan cara ini Anda diharuskan melakukan Root pada Android Anda untuk cara Root Android Anda bisa membaca artikel Cara Root Android Tanpa PC.

  1. Download Terminal Emulator di PlayStore.
  2. Masuk ke SuperUser, caranya ketikan kode dibawah ini pada Terminal Emulator
    SU
  3. Selanjutnya masukan kode berikut sesuai dengan SIM yang ingin Anda masukan IMEI
    SIM 1
    echo 'AT+EGMR=1,7,"nomor IMEI SIM 1"' >/dev/pttycmd1
    SIM 2
    echo 'AT+EGMR=1,10,"nomor IMEI SIM 2"' >/dev/pttycmd1
  4. Selanjutnya Restart Android.

Cara Mengembalikan IMEI Android dengan Aplikasi di PlayStore:

Cara Mengembalikan IMEI Android dengan Aplikasi di PlayStoreCara Ketiga atau cara terakhir jika kedua cara tersebut tidak bisa maka Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi untuk mengembalikan IMEI yang hilang yang ada pada PlayStore seperti aplikasi berikut. Ada beberapa aplikasi yang mungkin memerlukan Root pada Android.

Nomor IMEI pada Smartphone Android dapat Anda kembalikan dengan beberapa cara diatas untuk mengetahui IMEI pada Android selain dengan kode dial pad Anda juga bisa mengetahuinya dari menu Setting > About Phone. Dengan adanya IMEI Anda dapat melacak HP lewat IMEI atau memblokirnya agar tidak bisa digunakan mengakses jaringan operator salular jika Anda kehilanagan HP tersebut. Cara-cara diatas juga dapat dipergunakan untuk mengganti IMEI jika Anda menginginkannya.

Demikian beberapa tutorial tentang cara Mengembalikan IMEI pada Android dan semoga beberapa cara tersebut bisa Anda gunakan untuk mengembalikan IMEI yang hilang, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan