Cara Mengembalikan File yang Hilang atau Terhapus Permanen. Data hilang atau terhapus tanpa sengaja maupun ter-format tanpa sepengetahuan atau keinginan kita, mungkin saat itu terjadi Anda akan sangat bingung karena file yang penting telah hilang dan kita juga tidak memiliki file BeckUP tersebut. Hilangnya sebuah file penting dapat terjadi pada siapapun, mungkin karena salah menghapus atau memang sengaja dihapus namun tanpa sadar kita membutuhkan file itu lagi. Secara normal ketika kita menghapus sebuah file atau folder tidak akan terhapus sepenuhnya namun akan masuk ke Recycle Bin yang mana Anda dapat mengembalikannya, tapi jika file atau folder tersebut sudah tidak ada pada Recycle Bin maka berarti sudah hilang secara permanen.

File yang terhapus secara permanen sebenarnya masih bisa kita kembalikan asalkan tidak ada kerusakan pada media penyimpanan kita dan kita tidak sering malakukan format pada media penyimpanan itu. Hampir semua media penyimpanan termasuk hardisk, flasdisk, memory card, yang datanya telah hilang dapat dikembalikan, bahkan mengembalikan file yang terhapus Android juga bisa, asalkan Android tersebut sudah terhubung pada komputer seperti media penyimpanan lainnya.

Program atau aplikasi untuk mengembalikan file yang terhapus permanen yang akan kita gunakan adalah Recuva. Recuva merupakan software yang digunakan untuk mengembalikan berbagai jenis file yang hilang secara permanen seperti dokumen office, music, video, foto dan lainnya. Cara mengembalikan file yang hilang atau terhapus secara permanen dengan menggunakan Recuva akan saya jelaskan dibawah ini.

Cara Mengembalikan File yang Hilang atau Terhapus Permanen:

  1. Download dan Install Recuva.
  2. Buka program Recuva dan klik Next, setelah itu pilih jenis file yang akan dikembalikan.
    Pilih Jenis File Recover
  3. Selanjutnya pilih lokasi file sebelum hilang pada drive atau folder. Jika sudah klik Next.
    Pilih Tempat Penyimpanan
  4. Selanjutnya klik Start, tunggu hingga proses selesai dan muncul file-file yang telah hilang atau terhapus secara permanen.
    Scan File Hilang
  5. Selanjutnya pilih file-file yang ingin dikembalikan dengan cara mencentang ktak di file yang ingin dikembalikan, setelah itu klik Recover.
    File Telah Ditemukan

Demikian tutorial tentang cara mengembalikan file yang hilang atau terhapus permanen. Cara-cara yang dijelaskan diatas dapat dipergunakan untuk mengembalikan file yang hilang di flashdisk, mengembalikan file yang terhapus di memory card, dan pada media yang lainnya. Semoga tutorial ini bisa mengembalikan file Anda yang hilang. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply