Cara Mengatasi Laptop Blank Saat Dinyalakan (Black Screen)

4
Cara Mengatasi Laptop Blank Saat Dinyalakan (Black Screen)

Cara Mengatasi Laptop Blank Saat Dinyalakan (Black Screen). Masalah layar hitam (blank) pada Laptop mungkin sedang Anda alami saat ini ketika membaca artikel ini. Sebelum saya menjelaskan tentang cara mengatasi layar blank hitam pada Laptop kita harus mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu, ada beberapa kemungkinan yang terjadi jika layar pada Laptop Anda mengalami layar blank hitam diantaranya yang munkin adalah rusaknya perangkat keras pada Laptop Anda, namun ada juga yang mengalami layar blank hitam pada Laptop bukan karena Hardware yang rusak tetapi karena salah meng-install Driver VGA. Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatasi layar blank hitam yang dikarenakan oleh sebab salah meng-install Driver VGA.

Sebelumnya kita harus memastikan terlebih dahulu kenapa layar Laptop hitam, apakah layar blank hitam pada Laptop disebabkan karena Driver VGA yang tidak sesuai, caranya dengan memeriksa apakah layar Laptop blank hitam tapi hidup dan ada krusor pada layar. Jika Laptop blank hitam tapi hidup dan ada krusor berarti sudah dipastikan bahwa masalahnya terjadi karena Driver VGA yang salah meng-install.

Cara mengatasi Laptop blank saat dinyalakan akan saya jelaskan dibawah ini untuk itu Anda harus mempersiapkan Driver VGA yang benar-benar sesuai dengan Laptop dan Windows yang Anda gunakan. Tenang saja Anda tidak perlu melakukan install ulang pada Windows Anda jika mengalami layar Laptop blank, Anda cukup mengikuti cara-cara yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Blank saat dinyalakan:

  1. Pastikan saat Laptop blank masih terdapat krusor.
  2. Siapkan Driver VGA yang sesuai dengan Laptop.
  3. Masuk Safe Mode dengan cara nyalakan Laptop dan pada saat booting tekan tombol F8 pada kayboard terus menerus hingga muncul Advanced Boot Options seperti pada gambar berikut. Pada Windows 8, 8.1, dan 10 untuk masuk Safe Mode sedikit berbeda akan saya jelaskan pada artikel Cara Mengakses Advanced Startup Options Menu Windows 8, 8.1, dan 10.
    Advanced Boot Options
  4. Pada Advanced Boot Options pilih Safe Mode dengan menekan tombol arah pada keyboard dan enter untuk memilih.
  5. Tunggu hingga Anda masuk Windows pada Safe Mode, setelah itu buka Device Manager caranya dengan klik Start lalu ketikan Device Manager maka akan terlihat pada menu Start dan pilih.
  6. Pada Device Manager cari Display adapters maka akan terlihat Driver VGA yang ter-install, klik kanan pada Drive VGA lalu pilih Uninstall.
    Device Manager
  7. Setelah itu Restart Windows dan biarkan Windows berjalan secara normal maka layar pada Windows Anda sudah tidak blank hitam lagi.
  8. Selanjutnya Anda tinggal meng-install VGA sesuai dengan Laptop dan Windows yang Anda gunakan.

Cara-cara diatas dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah layar Laptop blank, semoga tutorial ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca tutorial tentang bagaimana cara mengatasi Laptop blank saat dinyalakan.

4 KOMENTAR

    • coba tekan Ctrl + Alt + Del, nanti akan dibawa ke halaman login Windows, kalau tidak bisa mungkin harus install ulang Windows, hal ini biasanya terjadi pada Windows 8 dan 8.1 yang sering blank saat masuk Windows, disarankan pake Windows 7 dan 10

  1. mau nanya dong, apa boleh ga melakukan safe mode?
    jadi tinggal cari di windows search nya “Device Manager” nah nanti langsung uninstall Driver VGA nya.
    gimana boleh atau tidak? ditunggu jawaban nya:) Terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.