Cara Mencetak Kartu Vaksin Covid-19

Diposting pada

Cara Mencetak Kartu Vaksin Covid-19. Vaksinasi adalah salah satu upaya untuk menghilangkan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Hampir semua elemen pemerintah secara aktif melaksanakan sosialisasi dan sosialisasi vaksinasi Covid-19, Polisi dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kegiatan Vaksinasi terus berlangsung di banyak tempat, bahkan pemerintah memfasilitasi dan memudahkan persyaratan administrasi masyarakat untuk divaksinasi, cukup melampirkan fotokopi KTP atau KK.

Setelah melakuakan Vaksinasi Covid-19 orang-orang akan mendapatkan sertifikat vaksinasi sebagai bukti telah melakukan Vaksin Covid-19.

Kartu Vaksin Covid-19 sekarang menjadi banyak syarat untuk melakukan sesuatu diluar rumah seperti berpergian menggunakan transportasi umum seperti Kereta Api, Pesawat, Kapal Laut, selain itu juga menjadi syarat pergi tempat ramai perbelanjaan Super Market, Mall dan banyak hal yang lain yang membutuhkan kartu Vaksin Covid-19.

Pencetakan kartu vaksin Covid-19 dapat dilakukan oleh peserta vaksinasi Covid-19 secara mandiri. Tentu saja, kartu ini cuma bisa dicetak oleh orang-orang yang sudah melakukan vaksin.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan kartu Vaksin Covid-19 akan saya jelaskan dibawahi ini.

Cartatan: Hal penting sebelum mencetak Kartu Vaksin Covid-19 adalah Pada saat Vaksin Covid-19 ada akan dimintai No. HP yang digunakan untuk mencetak kartu Vaksin Covid-19.

Cara Mencetak Kartu Vaksin Covid-19 melalui situs web PeduliLindungi :

cetak kartu vaksinasi

  1. Kunjungi situs https://pedulilindungi.id.
  2. Klik menu “Login/Register” di kanan atas halaman situs. “Login Sekarang” akan muncul, klik dan klik di pada tab “Nomor Telepon” masukan nomor yang digunakan yang diminta saat Vaksin Covid-19 untuk perekaman vaksinasi. Kemudian klik menu “Masuk“.
  3. Setelah itu, masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS di nomor telepon dengan pengirim login SMS “Pedulicovid” secara otomatis Login setelah OTP dimasukan.
  4. Setelah berhasil Login, klik nama Anda yang terletak di sudut kanan atas situs.
  5. Kemudian, pilih menu “Sertifikat Vaksin“. Klik pada nama lengkap Anda di situs dan opsi sertifikat vaksin pertama dan kedua akan muncul jika Anda telah menerima total vaksinasi dosis penuh.
  6. Kemudian, pilih sertifikat untuk memverifikasi pertama atau kedua, lalu klik Tampilkan Sertifikat Vaksinasi dan klik menu “Unduh Sertifikat“.
  7. Setelah mengunduh, sertifikat vaksinasi akan disimpan dalam format JPG di penyimpanan perangkat Anda.
  8. Selesai, sertifikat dapat dicetak langsung menggunakan printer.

Cara Mencetak Kartu Vaksin Covid-19 melalui Aplikasi PeduliLindungi :

cara cetak kartu sertifikat vaksin

  1. Download aplikasi PeduliLindungi pada SmartPhone Android di PlayStore, klik Instal dan tunggu proses hingga instalasi selesai.
  2. Daftar akun jika pertama kali dalam aplikasi Pedulilindungi dengan mengisi data pribadi sebagai nama lengkap berdasarkan kartu identitas dan nomor ponsel (nomor yang digunakan saat vaksin).
  3. Setelah proses aktivasi selesai, arahkan ke dasbor aplikasi Pedulilindungi.
  4. Pilih menu Akun Pribadi yang terletak di sudut kanan atas.
  5. Pilih Sertifikat Vaksin yang mau dicetak.
  6. Masukkan data pribadi dalam bentuk NIK dan nama lengkap
  7. Unduh sertifikat dan kemudian dapat dicetak.

Cara Mencetak Kartu Vaksin Covid-19 melalui SMS :mencetak kartu vaksin

Cara Mencetak Kartu Vaksin Covid-19 Via SMS hanya dapat dilakukan jika Anda mendapatkan pesan SMS ke nomor yang direkam pada catatan saat awal vaksin. Sertifikat tautan melalui SMS biasanya akan dikirim setelah Vaksin sekitar 1-2 hari setelah injeksi vaksinasi.

Diatas ada beberapa cara mencetak kartu vaksin yang dapat Anda coba. Untuk cetak sertifikat vaksin seperti KTP akan saya jelaskan pada artikel lain.

Demikian Tutorial ini semoga bermanfaat dan apa bila ada yang kurang dipahami bisa ditanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.