Cara Mempercepat Booting Windows 7 Semua Versi (Startup)

0
Cara Mempercepat Booting Windows 7 Semua Versi (Startup)

Cara Mempercepat Booting Windows 7 Semua Versi (Startup). Kali ini saya akan menjelaskan salah satu cara mengoptimalkan kinerja laptop yang terutama menggunkan Windows 7 yaitu mempercepat ketika melakukan booting atau startup, cara ini juga merupakan cara mempercepat kinerja komputer saat melakukan booting. Booting adalah proses saat memulai Windows ketika kita mulai menyalakan komputer/laptop sampai siap digunkan yang disebut juga startup. Pada beberapa Windows 7 yang lama dan sudah ter-install banyak software saat melakukan Booting akan terasa sangat lambat hingga terkadang membuat kita jengkel, hal itu akan menjadi sebuah permasalahan yang sangat besar jika kita membutuhkan komputer/laptop dalam keadaan darurat.

Agar komputer tidak lemot saat booting/startup dibutuhkan beberapa setting untuk mempercepat kinerja laptop Windows 7 saat booting. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar booting Windows 7 lebih cepat salah satunya menon-aktifkan bebrap program yang berjalan otomatis saat startup, hal ini merupakan cara meringankan kinerja laptop yang akan membuat booting menjadi lebih cepat.

Cara mengatur startup windows 7 agar booting menjadi lebih cepat akan saya jelaskan dibawah ini. Sebelum melakukan perubhan setting ada terlebih dahulu harus mengetahui resiko-resiko yang akan diakibatkan jika salah melakukan perubahan pengaturan Windows 7, saya sarankan sebelumnya membuat system restore points. Langsung saja ikuti beberapa cara dibawah ini untuk mempercepat booting Windows 7.

Merubah Windows Boot Performance Diagnostic:

Cara pertama dengan merubah setting pada Windows Boot Performance Diagnostic, untuk merubah setting ini memerlukan akses pada Group Policy.

  1. Klik Start dan ketikan gpedit.msc pada kotak pencarian.
    gpedit.msc Windows 7
  2. Setelah muncul klik dan akan terbuka Local Group Policy Editor. Pada bagian kolom sebelah kiri klilk Computer configuration > Administrative Template > Systems > Troubleshooting and Diagnostic > Windows Boot Performance Diagnostic. Pada bagian sebelah kanan klik dua kali pada Configure Scenario Execution Level.
    Local Group Policy Editor
  3. Selanjutnya akan terbuka kotak dialog Configure Scenario Execution Level dan rubah pengaturan menjadi Enabled dan lihat pada Options dan pstikan berada pada Detection Troubleshooting and Resolution.
    Configure Scenario Execution Level Windows 7
  4. Klik OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Mengoptimalkan Processor:

Cara ke dua adalah dengan mengoptimalkan processor yang ada pada komputer. Cara ini dapat digunakan jika processor memiliki lebih dari satu core, untuk pengaturan ini terdapat pada Advanced Boot.

  1. Klik Start dan ketikan msconfig pada kotak pencarian.
    msconfig Windows 7
  2. Setelah muncul dan pilih maka akan terbuka program System Configuration, pada tab Boot pilih Advanced Options.
    System Configuration Advanced Options Boot Windows 7
  3. Selanjutnya akan muncul kotal dialog BOOT Advanced Options lalu centang pada Number of Processors dan optimalkan penggunaan core processor.
    Number of Processors Windows 7
  4. Selanjutnya klik OK untuk menyimpan pengaturan dan Restart untuk menjalankan pengaturan yang dirubah.

Mengurangi Program Startup:

Cara ke tiga adalah dengan mengurangi program startup yang berjalan saat booting. Pengaturan ini masih ada pada System Configuration seperti pada cara ke dua, merubah pengaturan ini mungkin akan mengakibatkan program tersebut tidak akan berjalan secara otomatis.

  1. Buka System Configuration seperti pada cara ke dua diatas.
  2. Setelah terbuka pilih tab Startup.
    msconfig Startup Windows 7
  3. Non-aktifkan program yang berjalan saat Startup dengan cara menghilangkan centang, pastikan program tersebut bukan program dari Microsoft atau Driver yang ter-install. Anda harus berhati-hati agar tidak terjadi masalah saat merubah pengaturan ini.
  4. Klik OK untuk menyimpan dan Restart.

Demikian beberapa cara yang dapat membuat booting Windows 7 Anda lebih cepat, namun jika dari beberapa cara diatas masih tidak membuat booting Windows 7 lebih cepat mungkin seharusnya Anda melakukan upgrade Hardware pada komputer yang Anda gunakan seperti processor atau RAM. Terima kasih telah membaca tutorial tentang bagaimana Cara Mempercepat Booting Windows 7, semoga tutorial ini membantu dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan