Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows, Linux, dan Lain-lain

0
Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows, Linux, dan Lain-lain

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows, Linux, dan Lain-lain. Seperti judul diatas disini saya akan menjelaskan tentang bagaimna cara membuat Bootable Flashdik, tapi sebelumnya apa itu Bootable Flashdisk?.

Bootable Flashdisk terdiri dari dua kata yaitu Bootable yang merupakan media penyimpanan yang digunakan untuk me-load sebuah Sistem Operasi dan Flashdisk yang berarti salah satu media penyimpanan eksternal.

Jadi Bootable Flashdisk adalah media penyimpanan yang berisi Sistem Operasi berada yang digunakan untuk load pada Flashdisk. Cara membuat Bootable Flashdisk berati langkah-lankah untuk dapat membuat Sistem Operasi dapat di-load dari Flashdisk yang biasanya menggunakan CD/DVD untuk melakukannya.

Menggunakan Flashdisk sebagai Bootable memiliki banyak keuntungan dibandingkan menggunakan CD/DVD dikarenakan sekarang tidak semua PC/Laptop menyediakannya tetapi kalau menggunakan Flashdisk semua PC/Laptop bisa menggunakannya.

Selain memiliki banyak kelebihan menggunakan Bootable Flashdisk juga dapat digunakan untuk banyak Sistem Operasi seperti cara install windows dengan flashdisk (Windows Vista, 7, 8, 8.1, 10),  cara install linux dengan Flashdisk (Linux Ubuntu, Debian, CentOS dan lain-lain).

Hampir semua Sistem Operasi dan program aplikasi yang membutuhkan bootable untuk dijalankan dapat dibuat dengan menggunakan Flashdisk, semua itu dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah Flashdisk, sebuah Program dan File ISO yang akan dijalankan dengan Falshdisk.

Langsung saja saya akan menjelaskan tentang bagaimna Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows, Linux, dan Lain-lain ikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya.

Cara Membuat Bootable Flashdisk:

  1. Siapkan Flashdisk, file ISO yang akan dijalankan dan download Program Universal USB Installer disini.
    Download Universal USB Installer
  2. Jalankan Universal USB Installer setelah terbuka akan ada pemberitahuan dan pilih I Agree.
    Pemberitahuan Universal USB Installer
  3. Setelah itu pilih Sistem Operasi yang akan dibuat Bootable-nya pada Flashdisk. Sesuaikan dengan file ISO jika Windows pilih Windows jika Linux pilih Linux atau pun yang lain.
    Pemilihan Sistem Operasi pada Universal USB Installer
  4. Tahap selanjutnya pilih file ISO yang akan dibuat Bootable dengan klik pada Browase.
    Pemilihan file ISO untuk Universal USB Installer
  5. Selanjutnya pilih drive Flashdisk yang akan digunakan, jika tidak nampak pilihan centang pada Show all Drives.
    Pilih Disk untuk Bootable
  6. Setelah itu pilih Create untuk melanjukan proses setelah itu akan muncul pemberitahuan pilih Yes untuk melanjutjan proses pembuatan Bootable dan ekstrak file ISO ke Flashdisk akan dilanjukan, tunggu hingga proses selesai.
    Proses membuat Bootable Flashdisk

Seperti itulah cara pembuatan Bootable pada Flashdisk menggunakan program Universal USB Installer sangat mudah. Pembuatan Bootable Flashdisk ini bukan hanya pembuatan Bootable untuk Sistem Operasi Windows dan Linux tapi juga mendukung untuk membuat bootable acronis, Hiren’s Boot CD, AVG Rescue CD, Avira Antvir Rescue CD, dan masih banyak yang lain terutama Sistem yang memerlukan Bootable untuk menjalankannya.

Dengan membuat Bootable Flashdisk lebih memudahkan Anda untuk melakukan Install Windows maupun Install Linux ataupun yang lain dari sebuah Flashdisk.

Demikianlah tutorial ini mengenai tentang bagaimana Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows, Linux, dan Lain-lain, terima kasih telah berkunjung dan membaca dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.