Cara Membagi Partisi Harddisk System Windows Semua Versi

0
Cara Membagi Partisi Harddisk System Windows Semua Versi

Cara Membagi Partisi Harddisk System Windows Semua Versi. Seperti pada judul artikel ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membagi Partisi Harddisk System pada Windows, hal ini biasanya digunakan pada saat membeli Laptop Baru yang sudah ter-Install Windows didalamnya.

Biasanya ketika seseorang membeli Laptop Baru yang sudah ter-Install Windows hanya mendapati sebuah Partisi Harddisk yang berisi System Windows yaitu Partisi C, Sebelumya saya akan menjelaskan apa itu Partisi Harddisk.

Pengertian Partisi Harddisk, Partisi berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu “partition” yang mana berarti “bagian” yang berarti Partisi Harddisk adalah bagaian dari Harddisk, secara singkat Partisi Harddisk merupakan kata yang digunakan untuk menjelaskan pembagian Harddisk pada komputer.

Ada banyak alasan ketika ingin membagi Harddisk menjadai beberapa bagian seperti contoh diatas ketika membeli Laptop Baru yang sudah ter-Install Windows didialamnya, maka hanya akan menemui satu Partisi Harddisk yang berisi System.

Kenapa kita harus membaginya?, alasan sederhananya adalah ketika Windows yang kita gunakan Rusak maka kita harus melakukan Install ulang Windows yang mana berarti kita harus melakukan Format pada Partisi System tersebut dan semua data yang tersimpan akan hilang.

Perlunya membagi Partisi Harddisk tersendiri untuk System dan untuk media penyimpanan, agar ketika System Rusak maka kita tidak perlu khawatir akan kehilangan data pribadai karena data pribadi tesebut berada pada partisi laian.

Hal ini juga harus Anda perhatikan untuk penyimpanan data pribadi sebaiknya menyimpannya pada Partisi lain selain Partisi System C.

Pentingnya membagi Partisi Harddisk selain Partisi System, oleh karena itu saya akan menjelaskan tentang bagaimana Cara Membagi Partisi Harddisk System Windows untuk semua versi Windows yang ada. Langsung saja ikuti langkah-langkah dibwah ini.

Cara Membagi Partisi Harddisk System Windows:

  1. Buka Computer Management dengan cara buka Windows Explorer, kemudian Klik kanan pada My Computer (XP, Vista, 7) atau This PC (Windows 8, 8.1, dan windows 10 ), kemudian pilih Manage.
    Cara membagi partisi hardisk
  2. Setelah halaman Computer Management terbuka, cari dan pilih Disk Management, sehingga tampil Map harddisk pada computer anda.
    disk management
  3. Cara membagi Partisi Harddisk System C: menjadi dua atau lebih, silahkan klik kanan pada Ruang partisi C:, kemudian pilih Shrink Volume.
    shirnk volume
  4. Selanjutnya, tampil Jendela baru Shrink Volume untuk melakukan pengaturan pembagian harddisk, silahkan tentukan volume atau kapasitas volume partisi yang akan anda buat, kemudian klik tombol Shrink untuk melanjutkan.
    Pastikan ketika membagi Partisi System hitung terlebih dahulu perkiraan jumlah volume partisi System yang tersisa ketika sudah membaginya disarankan ada ruang lebih dari 25% untuk System setelah dibagi.
    set shrink volume
  5. Setelah itu maka harddisk Anda akan dibagi menjadi dua partisi dengan cara mengurangi partisi pertama System C sehingga muncul ruang baru yang masih kosong atau masih Unlocated.
    after shrink
  6. Untuk menggunakan partisis yang masih Unlocated, Klik kanan pada ruang Unlocated tersebut, kemudian pilih New Volume, untuk volume partisi baru Anda dapat menyesuaiakannya, Anda dapat menggunakan keseluruhan atau membaginya dengan cara menggunakan sebagian maka akan tersisa partisi unlocated untuk dibuat lagi.
    new volume
  7. Selanjutnya pada halaman New Simple Volume Wizard, silahkan klik tombol Next untuk melanjutkan.
  8. Setelah itu silahkan tentukan ukuran volume yang akan anda buat, kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.
    volume size
  9. Selanjutnya tentukan nama label seperti D: E: dan sebagianya, biasanya sudah muncul label secara otomatis, silahkan lanjutkan saja dengan melakukan klik pada tombol Next.
    assign drive
  10. Peroses selanjutnya adalah melakukan Format dengan cara klik tanda centang pada Perform a Quick Format, kemudian klik pada tombol Next.
    format
  11. Tunggu hingga proses selesai dan klik Finish.
Dengan cara diatas Anda telah membagi Partisi Harddisk System menjadi beberapa bagian, Anda dapat menggunakn partisi lain selain system untuk penyimpanan data pribadi agar terhindar dari masalah kehilangan data pribadi yang diakibatkan oleh kerusakan Windows.
Demikianlah tutorial dari saya mengenai tentang bagaimana Cara Membagi Partisi Harddisk System Windows.
Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.