Cara Mematikan Firewall dan Mengaktifkan Firewall Pada Windows

0
Cara Mematikan Firewall dan Mengaktifkan Firewall Pada Windows

Cara Mematikan Firewall dan Mengaktifkan Firewall Pada Windows. Sebelum saya menjelaskan tentang cara mematikan dan mengaktifkan firewall, apa itu firewall?. Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari serangan komputer luar melalui jaringan internet. Firewall merupakan sistem yang didesain untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam jaringan pribadi (Privat Network).

Secara umum firewall adalah sebuah sisitem yang dapat mengatur komunikasi anara 2 jaringan yang berbeda. Fungsi firewall pada jaringan komputer berguna sebagai sistem keamanan, mengontrol dan mengatur lalulintas paket data yang masuk ke jaringan private semisal penggunaan VPN.

Penggunaan firewall dalam Windows sangatlah pentng dikarenakan ketika menggunakan jaringan internet seperti saat browsing atau download firewall akan selalu memberitahukan apakah jaringan yang kita akses benar-benar aman dan jika tidak aman firewall akan otomatis melakukan block sehingga Anda tidak dapat mengaksesnya.

Fungsi firewall sangatlah berguna pada Windows namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita untuk matikan firewall seperti saat melakukan trasfer file malalui jaringan LAN, penggunaan aplikasi yang mengharuskan mematikan firewall dan lain sebagainya.

Langsung saja saya akan menjelaskan tentang cara mematikan firewall dan mengaktifkan firewall pada Windows langkah-langkahnya seperti berikut.

Cara Mematikan Firewall dan Mengaktifkan Firewall Pada Windows:

  1. Buka Control Panel dengan cara klik Start dan ketikan control panel pada pencarian selanjutnya pilih.
    Start Control Panel
  2. Setelah Control Panel terbuka maka akan ada System and Security dan kemudian pilih.
    Control Panel Windows
  3. Selanjutnya pada halaman System and Security silahkan pilih Windows Firewall.
    Windows Firewall Setting
  4. Setelah Windows Firewall terbuka makan akan ada Turn Windows Firewall On or Off pada sebelah kiri dan pilihlah.
    Turn Windows Firewall On or Off
  5. Setelah itu pilih Turn off Windows Firewall untuk mematikan firewall yang aktif pada Windows, kemudian pilih OK.
    Turn On Turn Off Firewall Windows
  6. Untuk mengaktifkannya kembali Anda tinggal mengubahnya seperti semula.

Cara-cara diatas dapat digunakan untuk mematikan dan mengaktifkan firewall pada Windows 7, 8, 8.1, dan Windows 10. Apabila cara-cara diatas tidak bekerja mungkin firewall pada Windows Anda sudah diambil alih oleh AntiVirus yang terpasang pada Windows Anda.

Demikian tutorial dari saya tentang mengenati bagaimana Cara Mematikan Firewall dan Mengaktifkan Firewall Pada Windows, semoga tutorial ini bermanfaat dan dapat membatu Anda. Terima kasih telah membaca dan janagan lupa share.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.