Cara Install Windows 10 dan Upgrade Windows 10 Terbaru

0
Cara install Windows 10 dan Upgrade Terbaru

Cara Install Windows 10 dan Upgrade Windows 10 Terbaru. Tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara install Windows 10 terbaru. Seperti yang kita ketahui saat ini Windows 10 adalah versi paling baru yang dibuat Microsoft, Windows 10 ini banyak menarik perhatian pengguna, karena Windows ini memiliki tampilan yang sangat elegan dan memiliki kemampuan seperti Windows 7. Windows 10 ini jika dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya Windows 8 dan 8.1 sangatlah berbeda, bisa dibilang secara kemampuan Windows 10 ini sama dengan Windows 7 dan Windows 8 serta 8.1 mirip dengan Windows Vista. Tampilan windows 10 pada laptop merupakan kombinasi dari Windows 7 dan Windows 8/8.1.

Cara install Windows 10 tidak memiliki banyak perubahan seperti pada Windows terdahulu, Anda hanya membutuhkan DVD Installer atau Flashdisk yang sudah memiliki bootable Windows 10 dan komputer yang ingin Anda install sudah memiliki spesifikasi yang cukup. Sebelum meng-install Windows 10 terlebih dahulu Anda harus mensetting BIOS agar membaca DVD Installer atau Flashdisk Bootable Windows 10.

Cara untuk meng-install Windows 10 ini akan saya jelaskan dibawah ini, untuk itu Anda harus menyiapkan terlebih dahulu komputer yang akan di install, pastikan tidak ada data penting tersimpan pada komputer terutama Drive C: silahkan lakukan backup dengan memindahkan data penting tersebut. Langkah-langkah untuk melakukan install Windows 10 bisa Anda lihat dibawah ini.

Cara Install Windows 10:

  1. Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membuat  drive Installasi Windows 10 terbaca lebih dahulu pada komputer dengan cara merubah pengaturan BIOS, untuk mengakases BIOS tekan keyboard sesuai dengan merk laptop atau motherboard, Anda juga dapat memperhatikan pada saat dinyakan terdapat pemberitahuan biasanya pada pojok kiri bawah.

    • Asus: F2.
    • Acer: F2.
    • Lenovo: F1 atau F2.
    • HP/Compaq: F10.
    • Toshiba: F2.
    • Dell: F2, F1, Delete, F12.
    • Fujitsu: F2.
    • Sony: F2 atau Assist.
  2. Setelah masuk BIOS cari pengaturan Boot dan ubah installer Windows 10 menjadi yang pertama kali dibaca dengan tombol keyboard sesuai dengan petunjuk di layar, seperti gambar dibawah ini saya menggunakan DVD dan menaruh Drive DVD terlebih dahulu dibaca sebelum Harddisk. Kemudian Save and Exit untuk menyimpan pngaturan dan keluar dari BIOS dengan menggunakan tombol pada keyborad sesuai perintah pada layar.
    Setting BIOS
  3. Setelah menyimpan pengaturan pada BIOS komputer akan restart dan memulai Installasi Windows 10. Tunggu hingga muncul dialog Windows Setup, setelah muncul klik Next.
  4. Selanjutnya akan muncul tombol Install now ditengah-tengah dan klik tombol tersebut.
    Install Windows 10
  5. Setelah itu akan diminta untuk melakukan persetujuan Install Windows dan klik Next akan muncul dua pilihan dan pilih Custom: Install Windows only (advanced) untuk melanjutkan proses Install Windows 10.
    Custom Install Windows 10
  6. Selanjutnaya akan muncul pengaturan partisi disk mana yang akan dipakai, untuk cara menginstal komputer baru hanya akan ada Unallocated Space dan Anda harus membaginya menjadi beberapa partisi disk. Pada saat menginstall Windows 10 membutuhkan dua partisi disk yaitu denagan tipe System 500MB dan Primary sebagai penyimpanan drive C: yang isinya menyesuaikan kebutuhan Anda disarankan lebih dari 20GB letaknya setelah tipe System. Setelah itu pilih tipe partisi disk Primary dan klik Next.
    Partisi Disk Windows 10
  7. Selanjutnya tunggu hingga proses installasi sampai selesai dan akan restart beberapa kali.
    Proses Install Windows 10
  8. Setelah proses Anda kan diminta untuk memasukan product key namun Anda tidak perlu memasukannya Anda tinggal memilih Do this later dibawah sebelah kiri.
    Product Key Windows 10
  9. Selanjutnya pilih Use Express settings untuk memakai pengaturan default dari Windows. Selanjutnya pilih I own it dan klik Next.
    I own it Windows 10
  10. Selanjutnya akan masuk pada halaman yang akan meminta Anda untuk Login akun Microsoft yang secara otomatis akan menjadi Akun pada Windows 10 Anda. Pilih Skip this step jika Anda ingin mengabaikan dan membuat Akun Windows sendiri.
    Microsoft Account Windows 10
  11. Selanjutnya Anda akan diminta membuat Akun jika memilih Skip this step dan masukan nama komputer atau Akun Windows 10 Anda beserta Password dan Password hint untuk memudahkan jika Anda lupa Password. Selanjutnya pilih Next.
    Account Windows 10
  12. Tunggu hingga proses selesai mungkin akan memerlukan beberapa menit.
    Setting up Windows 10
  13. Windows 10 siap digunakan.
    Windows 10

Demikian langkah-langkah untuk meng-install Windows 10 Terbaru namun jika Anda ingin selalu mendapatkan Upgrade Windows 10 terbaru seperti Windows 10 Fall Creators Anda dapat membaca artikel Cara Mendapatkan Update Windows 10 Insider Preview Terbaru. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin meng-install Windows 10 dan terima kasih telah membaca artikel Cara Install Windows 10 dan Upgrade Windows 10 Terbaru.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.